Menginap di Caravan Taman Safari

foto-caravan

Liburan terakhir kami bertiga itu udah hampir setahun lalu, akhirnya kami memutuskan untuk liburan lagi. Niat ke Jogja naik kereta tapi ternyata Pak Suami tiba-tiba harus tugas ke luar kota jadinya liburan diundur sampai akhir Januari kemarin.

Saya akhirnya ambil cuti 3 hari, karena sekarang kalau cuti mikirnya panjang 😀
Jadi kami pergi ke TAMAN SAFARI INDONESIA

Karena yang saya tahu ke Puncak itu pasti macet kalau weekend jadinya kami pergi hari Senin dengan harapan ga macet, ternyata macet mah tetep. Masa dari Bandung jam 10 kami sampai ke Taman Safari jam 4 sore, niat awal mau safari tour dulu sebelum ke kamar batal soalnya udah cape dan terlalu sore.
Sebetulnya ada beberapa pilihan tempat nginep kalau mau ke Taman Safari, tapi memang dari awal saya cari yang beda karena kalau hotel biasa banyak di Bandung. Jelas untuk sekarang ga nyari kolam renang, puncak dingin banget boro-boro pengen nyelupin badan ke air. Jadi terpilihlah SAFARI LODGE dengan pilihan Caravan, tempat nginep dengan konsep caravan pastinya beda dengan kamar hotel biasa dong.
Akhirnya sore kami langsung check in, lokasi lobi hotel Safari Lodge ini ada di sebelah pintu masuk Taman Safari Indonesia. Mungkin karena tidak banyak yang menginap ketika saya bilang sudah pesan di Agoda resepsionisnya langsung tahu nama dan tinggal minta KTP untuk ditinggal sampai check out.

20170130_154757
Lobi Safari Lodge

Diantar oleh bellboy (yang naek motor) kami menggunakan mobil menuju ke Caravan no 9 dengan view sungai. Jadi dengan memilih nginep di Caravan berarti ada beberapa pilihan lokasi dengan view yang berbeda. Buat saya yang pernah merasakan tinggal di kampung, tentunya rindu dengar suara air sungai. Saya ingin Harsya merasakan kemewahan yang pernah saya rasakan dulu, buat kami yang sekarang tinggal di kota suasana di Safari Caravan ini sebetulnya terlalu sepi tapi memang seru. Meski di suasana hutan tapi ada media TV kabel dan internet dengan koneksi kencang, saya dan suami malah menghabiskan malam dengan nonton film di TV kabel dengan sinyal tersendat sambil ngemil ngobrol ngalor ngidul

20170130_160510
View depan Caravan No 9

20170130_163831
Bed Room, itu lampunya bisa diatur nyala redup
20170130_160250
Bunk Bed
20170130_163748
Sofa buat duduk-duduk cantik
20170130_161007
Storage, TV dengan saluran TV kabel dan internet lumayan kenceng
20170130_160906
Toilet

Satu caravan ini dibuat untuk 4 orang, jadi memang fasilitasnya untuk 4 orang dengan 1 bunk bed dan 1 bed room. Complimentary standar hotel, ada 4 botol air mineral dan 4 botol minuman ringan di kulkas. Kamar mandi yang cukup dengan pintu geser untuk memaksimalkan ruang, shower dengan air panas, handuk untuk 4 orang dan sikat gigi dan sabun untuk 4 orang juga.

20170130_161134
Perlengkapan mandi
20170130_161159
Kulkas udah isi air mineral sama minuman ringan GRATIS
20170130_165054
Complimentary Drink
20170130_161229
Sendal kamar

Di bagian luar caravan terdapat teras yang dilengkapi 2 kursi untuk sekedar duduk ngobrol, tapi karena dinginnya super kami bahkan tidak menikmati area luar ini terlalu lama.

20170131_093828

Sebelumnya saya iseng lempar pertanyaan di media sosial, barangkali ada yang pernah menginap di Caravan Taman Safari dan minta reviewnya. Beberapa yang bilang seru dan dingin banget. Cocok memang kalau bareng sama anak balita seumur Harsya yang udah mulai mengerti banyak hal ketika dibawa jalan-jalan. Lalu banyak juga yang bilang siap-siap dengan selimut tambahan dan baju hangat karena dinginnya lumayan. Jadi saya bersiap dengan beberapa baju yang lebih tebal untuk Harsya dan Pak Suami yang lebih sensitif sama dingin. Ternyata da Harsya mah orang Cijambe, dikasih dinginnya Puncak dia kalem aja lho.

Antusiasme Harsya karena ada bunk bed seperti di daycarenya membuatnya mau tidur di bunk bed bagian atas. Dalam 10 menit dia bolak balik naik turun lebih dari 10 kali, maksa ibu dan ayahnya untuk naik turun juga. Tapi si ibu yang mantan tukang naik tower sampai 72m ini sekarang parno buat naik-naik padahal cuma 2 meter aja juga gemeteran 😦

Karena satu caravan untuk 4 orang jadi sarapan juga untuk 4 orang, untuk menuju caravan resto kami perlu berjalan melewati tempat Siamang, oh iya bahkan alarm pagi kami adalah suara teriakan Siamang 😀

Menu sarapan di Caravan Resto ini seperti yang saya bayangkan, karena beberapa review yang saya baca pada bilang sarapannya ga banyak pilihan dan seringnya kehabisan ketika tamunya banyak. Tapi karena saya datang di hari Senin jadi ga terlalu ramai juga sih. Buat saya selama ada buah berarti aman, minimal kalau Harsya malas makan saya bisa kasih dia buah.

Selesai sarapan, kami lanjut bersiap karena mau lihat JERAPAH 😀 Kalau pergi dengan Harsya, saya selalu bercerita apa yang akan dia temui di tempat tujuan supaya anak tidak kaget dengan suasananya. Jadi Harsya antusias sekali mau pergi lihat Jerapah bahkan sedikit ngomel karena “ibu lama” *lakiiiiiiiiiiiii banget anak ini mah

Karena kami menginap di Safari Lodge jadi dapet potongan Rp50.000/ orang untuk tiket masuk Taman Safari. Karena anak 1 tahun udah dihitung harus beli tiket jadinya lumayan banget kan ya Rp150.000 bisa buat beli makan/ oleh-oleh

Buat yang belum pernah ke Taman Safari Indonesia, tiket ini berlaku untuk 2 kegiatan yaitu Safari Trip dan tiket terusan Arena Bermain. Ketika pertama kali datang kita langsung diarahkan menuju Safari Trip setelah itu baru masuk Arena Bermain.

Ada beberapa catatan nih kalau mau nginep di Safari Lodge

1. Kalau pesan lewat reservasi online cuma bisa di Agoda, harganya lebih murah Rp20.000 dengan pesan langsung di hotelnya
  2. Siapin makanan sama cemilan karena meski ada resto di area hotel tapi mungkin saja ga sesuai selera atau malah ga bisa pesen karena tiba-tiba ada rombongan datang. Fast food paling dekat berjarak 4.4 km dengan kondisi sering macet, warung makan sunda/ padang ada beberapa dengan rasa yang biasa dan harga lumayan. Jarak ke tempat makan di luar area sekitar 1km  jadi kalau ditambah macet dan perut lapar tentunya menyiksa
  3. Jarak dari jalan raya Puncak ke lokasi lumayan jauh dengan jalan kecil, mobil harus prima dengan bensin full tank
  4. Siapin baju hangat/ kaos kaki/ selimut tambahan terutama kalau bawa anak kecil
  5. Siapin payung soalnya hujan bisa dateng kapan aja

Kesimpulannya liburan ke Taman Safari dan nginep di Safari Caravan ini super seru, ceirta Safari Trip dan Arena bermain di cerita selanjutnya ya