Tips Mengajarkan Disiplin Waktu untuk Anak

Tiktok_4 Januari 2015

Sebagai ibu, saya seringkali menunda mengerjakan sesuatu karena anak. Ada yang kayak saya?

Cerita saya suatu malam

Ibu : “ca, bobo yuk”

Harsya : “ayo, ibu”

Kemudian masuk kamar dan berakhir dengan ibu kesel luar biasa karena udah 2 jam di tempat tidur anak masih juga merem. Udah  ngaji, berdo’a, baca buku, lampu dimatiin, sampai dicuekin pun masih aja ga tidur. Ini berlangsung berhari-hari dan akhirnya si bocah tidurnya malem banget tapi tetep harus bangun pagi karena harus ke daycare lalu  ujung-ujungnya jadi kecapean terus common cold. Ada beberapa yang bilang, mungkin anaknya masih mau main sama ibunya karena ditinggal kerja. Tsah…langsung mellow denger komen ginian.

Tapi gini deh, anak tidur tepat waktu buat saya penting karena selain urusan tumbuh kembangnya juga ada urusan domestik yang harus diselesaikan. Anak tidur telat berarti ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan lebih malam lagi, besok paginya akan merasa lebih lelah karena kurang tidur, anak bangun kesiangan, tantrum karena masih ngantuk, ujungnya berangkat lebih siang dan kena macet luar biasa di jalan menuju kantor.

Sering kali kayak gini bukan pas mau tidur aja tapi kadang lagi main dan harus mandi atau harus makan. Nah, yang jadi masalah kalau lagi terburu-buru malah bikin kesel kan?

Ini tips yang udah saya terapkan sama anak saya dan sejauh ini berhasil

Buat rutinitas dan ini penting banget, waktunya bangun, mandi, makan, minum susu, tidur itu udah pasti waktunya sama atau kalaupun beda ada toleransi sampe stengah jam aja. Paling kalau libur aja waktunya agak sedikit berubah soalnya kadang ibunya pun bangunnya siang (FAIL) .
Siklus ini dibiasain dari masih bayi, waktu masih bayi sih cuma waktu bangun pagi, mandi pagi sama sore plus waktu tidur malem kalau soal ASI dan tidur siang suka-suka anak aja deh. Pas udah mulai MPASI ditambahin sama jadwal makan yang hampir pasti tetap. Waktu masuk daycare justru semua lebih teratur lagi karena ada rutinitas yang harus diikuti.
Jadi, waktu belum masuk daycare pun Harsya akan bangun ketika saya berangkat dan baru tidur ketika saya udah di rumah. Saya termasuk beruntung karena waktu tempuh rumah-kantor paling lama 1.5 jam kalau macet-macet banget.

Buat suasana kondusif karena bisa aja gagal tidur karena lampu utama masih nyala atau ga mau makan karena masih asyik main. Kalau soal waktu tidur saya membiasakan Harsya sejak masih di dalam perut untuk tidur di ruang gelap, lalu ketika sudah lahir meski katanya anak bayi itu sering kebalik rutinitasnya saya akan tetap membawa anak masuk kamar jam 7 malam dan mematikan lampu jam 7.30. Tidur atau engga urusan belakangan, yang penting dia tahu kalau itu udah masuk waktu tidur.

Soal waktu makan lain lagi, ketika sudah waktunya makan semua mainan harus dirapikan kembali dan harus fokus ke makanan. Waktu mandi ditandai dengan bunyi nyaring dari teko buat masak air, kalau bunyi ya berarti udah waktunya mandi. Ini sih bisa-bisanya saya aja dengan bilang “airnya udah mateng, udah waktunya mandi”😀

Tentukan batas waktu ini cara yang saya baca dan terapkan setelah Harsya berumur 2 tahun lebih. Di umur ini anak saya udah bisa “tawar menawar” dan rasanya ini juga yang bikin rutinitas berubah. Jadinya ketika anak bilang “belum selesai bu, main mobilan dulu” saya akan bilang “oke, 5 menit lagi ya. setelah 5 menit mobilnya harus bobo sudah malam” saya memastikan Harsya mengerti dan bilang “oke” atau “iya” atau cuma sekedar mengangguk lalu akan mengingatkan lagi “waktunya tinggal 3 menit ya” terus diingatkan permenit dan akhirnya “waktunya sudah habis, anak baik. Mobilannya suruh bobo dulu, ade juga harus bobo” dengan begini Harsya malah lebih sukarela melakukannya.

Gitu aja sih

Orang bilang saya GALAK sama anak ada juga yang bilang saya berlebihan karena “namanya juga anak kecil” tapi anak kecil ini masih harus diajari banyak hal kan?

Ada yang punya tips lain buat anak displin?

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

