Tentang Klaim Asuransi Mobil Jasindo

mobil

Kondisi mobil setelah nabrak pagar tetangga

 Pernah ga ngerasa dalam satu hari apapun yang kita lakukan itu salah? saya pernah dan foto di atas adalah hasil dari segala keanehan saya dari mulai bangun tidur.

Pagi itu saya ngerasa ga enak perasaan dari awal bangun tidur sampe kejadian mobil nabrak pager ini. Saya hampir cuci muka pake pasta gigi, baju berkali-kali ganti, dan pas mau berangkat brak! mobil tiba-tiba nabrak pager orang dalam hitungan detik saja. Reaksi pertama saya pas kejadian ini adalah ketawa ngakak, serius deh saya ga tau harus gimana lagi. Untungnya ada tetangga saya yang melihat kejadian tersebut dan bertanya “mobilnya asuransi ga? kalau asuransi mah tenang aja segera diurusin ya klaimnya”

Heh? apa? klaim asuransi? Asuransinya apa? Saya ini bisa ngurus ini itu sendiri, tapi kalau soal follow up saya serahkan pada Pak Suami (karena dia lebih galak, hihihi)  . Saya ceritakanlah apa yang terjadi, Pak Suami bilang asuransi mobil saya itu Jasindo dan nomor polisnya xxx. Pagi itu saya maksa bawa mobil ke kantor dan ditegur banyak orang karena dikira kap mobil saya ga nutup.

Sampe kantor langsung cari-cari info cara klaim asuransi dan Jasindo ini di Bandung ternyata ada dua

Office: Bandung
City: Bandung
Postal Code: 40117
Address: Jl. Wastukencana No. 10 Lantai I, II
Phone: (022) 4231890, 433767
Fax: (022) 4231889
  • KTP
  • STNK

Oh iya, saya punya kebiasaan menyimpan dokumen dikelompokkan di tempat yang sama dan percaya deh ini memudahkan banget. Pas ada kejadian mendadak begini gampang nyari dokumennya. Sampai di kantor Jasindo saya disambut oleh resepsionis dan diminta mengisi data serta rincian kejadian kecelakaan. Setelah selesai isi data, saya bertemu dengan bagian survey dan mobil saya difoto untuk bukti kerusakan. Orang surveynya baik deh, karena tanki cadangan radiator saya pecah dia bantu buat nutupin pake lakban biar ga nguap katanya. Setelah selesai saya diberi list bengkel rujukan, saya pilih yang paling deket kantor asuransi dan rumah karena kondisi kendaraan saya ga prima.

Buang jauh-jauh deh pikiran ngurusin klaim asuransi pasti ribet, karena nyatanya saya cuma perlu 30 menit untuk menyelesaikan seluruh urusan di kantor asuransi.

Selanjutnya saya disuruh berangkat ke bengkel dengan bekal spk sementara, sampai bengkel mobil kembali di foto sambil dicoret-coret. Akhirnya terjawab sudah pelaku pencoretan mobil yang berkeliaran di jalanan dengan tulisan “penyok” “sobek”😀 Orang bengkel bilang mobil saya harus ditinggal karena harus di observasi bagian dalamnya, saya pending karena ada urusan lain dan saya masih harus pake mobilnya.

Skenario awal mobil hanya akan disimpan dari pagi-sore ternyata berubah karena radiator dan kondensor mobil dilepas, akhirnya proses observasi dan pengajuan SPK ke pihak asuransi memakan waktu 1 minggu.

Follow up pertama 

Ke pihak bengkel, katanya observasi sudah dilakukan dan pengajuan spk sudah dilakukan. Ke pihak asuransi, pengajuan spk sudah diterima, tetapi ada masalah karena dokumen yang diperlukan belum sampai dari pihak leasing.  Perlu waktu 1 minggu

Follow up kedua

Ke pihak asuransi, dokumen sudah lengkap SPK diterbitkan dan diserahkan ke bengkel. Ke pihak bengkel, SPK sudah diterima dan pemesanan barang akan dilakukan ke pihak dealer resmi karena ada 25 part yang harus diganti. Perlu 1 minggu juga dan nanti pengerjaan perlu 1 minggu.

Jadi sebetulnya hanya perlu 2 minggu untuk nginep di bengkel, tapi dalam kasus saya karena bagian penting dalam mobil harus dilepas jadi perlu waktu satu bulan untuk nginep. Ya pake motor dulu lah sementara ini, meski ujian naik motor itu berat jendral!

Gampang kan ngurus klaim asuransi Jasindo ini, info lengkap bisa didapatkan di website resmi Jasindo

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

