Kamillosan : Mom Essential

Kamillosan

Ada ibu menyusui yang ga pernah mengalami lecet puting? Ah …you rock!!!!

Cerita saya menyusui ini memang tidak pernah mulus, awal masa menyusui saya mengalami kesulitan karena puting rata. Ketika Harysa mulai tumbuh gigi saya mengalami digigiti dan ngambek ga mau nyusuin Harsya🙂 Sekarang saya mengalami lecet puting karena Harsya cenderung ngempeng dan latch on nya ga bener.  Nah, karena cerita lecet puting inilah saya suka mencari cara supaya saya bisa tetap menyusui dengan nyaman. Iya iya, saya tau katanya cukup dengan mengoleskan ASI setiap kali selesai menyusui tapi ini sembuhnya lama…dan saya masih harus menyusui Harsya.

Saya masuk ke salah satu apotik di mall karena kebetulan lewat, saya ditawari beberapa krim lalu tertarik dengan Kamillosan ini karena warnanya pink  dia berdasarkan bahan organik, saya sih yakin aja ini udah dengan penelitian panjang supaya aman digunakan oleh ibu menyusui. Nah, tapi tetap kok kalau mau menyusui setelah diolesi krim ini harus dibersihkan dulu sebelum disusukan ke anak.

Saya coba pakai Kamillosan karena udah merasa kesakitan setiap kali harus menyusui Harsya dan dia juga ga mau minum asi perah jadi ga mungkin saya pompa asi lagi.

(Baca : Mogok Minum ASIP)

Eh ternyata cuma pakai dua kali rasanya kok udah ga sakit lagi ya, Kamillosan I heart you. Menyusui jadi tidak lagi menjadi hal yang manakutkan meski berulang kali lecet puting😀

Tapi berdasarkan pengalaman saya menyusui selama 21 bulan, ada catatan penting ketika menyusui

1. Pastikan latch on dengan baik, menyusui itu harus nyaman untuk ibu dan anak. Jadi kalau sakit kemungkinan posisinya salah, selalu salah? datang ke klinik laktasi untuk mendapatkan bantuan

2. Lakukan perawatan payudara sebelum melahirkan, dibersihkan dengan melakukan air hangat atau dengan baby oil. Kalau saya sih merasakan tujuannya supaya tidak kering dan kekeringan ini yang membuat gampang lecet ketika awal menyusui.

3. Ketika anak mulai tumbuh gigi mungkin akan mulai menggigit, sebetulnya menggigit ini karena anak merasakan gusinya gatal atau protes karena ibunya menyusui sambil mainan hp😀.  Untuk kasus ini saya keras sama Harsya, setiap kali dia menggigit saya akan melepaskan puting saya dari mulutnya dan tidak akan memberikan lagi sebelum dia minta maaf (mencium pipi saya)

4. Oleskan Kamillosan ketika puting terasa sakit/perih ketika selesai menyusui, jangan lupa bersihkan kembali ketika akan menyusui karena krim ini tidak untuk ditelah oleh anak.

Menyusui itu tidak mudah, tapi bukan hal yang tidak bisa diusahakan. Jika sudah berbagai cara ditempuh tapi masih tidak bisa menyusui, berarti Allah memberikan rejeki untuk anak melalui jalan lain.

Keep happy, stay healthy Mom. xoxo

 

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

