Outbond : Permainan Tongkat Ajaib

tongkat ajaib

Image Credit to : Ibu Srimiati

Beberapa saat lalu saya mengikuti kegiatan Outbond dari kantor saya sebagai penutupan masa kepemimpinan pejabat periode saat ini. Sejak dulu saya tertarik kegiatan outbond hanya bagian permainan ketinggian, tapi kemarin saya memutuskan hanya mengikuti kegiatan permainan tanpa permainan ketinggian karena saya membawa Harsya untuk ikut selama kegiatan.

Ada satu permainan yang menarik bagi saya yang kata trainernya adalah permainan tongkat ajaib. Perintahnya adalah bambu ini harus bisa turun ke tanah dengan posisi jari tangan peserta hanya menyentuh sedikit saja. Mudah ya? salah banget. Susah banget untuk bikin tongkat bambu seringan itu menyentuh tanah, setiap kali sudah hampir menyentuh tanah pasti saja kembali ke atas. Ada yang bilang, ini emang tongkatnya ajaib deh🙂

Saya mempelajari bahwa setiap permainan di outbond pasti ada hubungannya dengan kepemimpinan, kerjasama, keberanian dan keyakinan. Begitupun dengan permainan sederhana ini, sederhana juga penyelesaiannya satu pemimpin yang lain ikuti dengan dengan keyakinan sama pemimpinnya lalu kerjasama antar pemainnya.

Jadi kalau sulit untuk menyentuhkan bambu itu ke tanah mungkin karena tidak percaya dengan pemimpin yang sudah ditunjuk. Begitupun, ketika ada pekerjaan yang sulit untuk diselesaikan mungkin karena tidak adanya kepercayaan sama pemimpin atau mungkin karena ada yang over power setelah menunjuk orang lain menjadi pemimpin tapi masih ingin memimpin.

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

