Cerita Harsya : GTM dan GMM

Harsya udah seminggu ini melakukan Gerakan Melepeh Makanan (GMM) yang berujung GTM (Gerakan Tutup Mulut), sebagai ibu bekerja saya merasa luar biasa stress karena kedua gerakan ini. Berhari-hari saya berusaha mengumpulkan informasi kenapa hal ini bisa terjadi pada Harsya

1. Cape, males makan. Ini saya sama suami banget, klo udah cape liat makanan males banget tapi berhubung karena umur  sekarang pasti maksain makan deh. Kondisi lambung sudah tidak mumpuni buat kelakuan males makan.

2. Pilek, idung mampet bikin aroma makanan ga tercium, lidah rasanya pahit, dan pasti males makan. Saya aja bisa turun berat badan minimal 2kg padahal sakitnya flu aja (coba turun 2 kg itu lagi hidup normal-normal aja)

3. Begah , beberapa hari Harsya pup nya ga teratur sementara biasanya jadwalnya udah pasti pagi-pagi bangun tidur sebelum mandi pagi. Jadi bersih-bersihnya dilanjutkan dengan mandi pagi.

4. Bosan, mungkin udah ga mau bubur oat, sup krim, nasi tim, saya coba kasih nasi biasa kuah soto full bumbu garam gula dan abis satu porsi makan Harsya. Umurmu baru 10bulan16hari, Nak. Kesalnya Harsya tidak pernah menolak kerupuk, keripik atau apapun yang kriuk-kriuk sampai saya rela bikin gorengan bayam yang bikinnya butuh kesabaran luar biasa. Sekarang saya sedang berpikir untuk membuat keripik buah-buahan untuk menyiasati keinginannya gigit menggigit ini.

5. Tumbuh gigi, ini asumsi saya karena dia selalu senang diberi buah potong dingin atau asip yang baru keluar dari kulkas yang tetep diminum dari botol kaca(dotnya udah saya masukin ke kotak plastik buat adiknya nanti–> nanti yang ga tau kapan)

Saya dituntut untuk lebih pintar mengelola emosi, memilih menu dan mengatur waktu. Ibu-ibu yang ngalamin anaknya GTM pasti tau banget rasanya udah masak terus pas disodorin ke anaknya malah dilepeh atau sama sekali tutup. Maunya marah, tapi sadar ini cuma bayi yang bahkan bilang “Ibu” aja belum bisa. Akhirnya ya itu makanan masuk perut ibu, gimana ibunya ga mau tambah melar aja coba. Sekarang udah bikin jurnal makanan supaya tau mana yang Harsya suka dan yang tidak, supaya juga tidak mengulang menu yang sama dua hari berturut dan supaya hemat (jiwa ibu-ibu). Semoga GTM dan GMM ini tidak lama, saya kangen mulut lucunya yang lagi ngunyah makanan :’)

 

 

 

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

