[Health] #Mengatasi hormon prolaktin tinggi

Kelebihan hormon prolaktin” kalimat pendek dari dokter yang menjawab pertanyaan panjang kenapa saya tidak mengalami siklus bulanan seperti wanita normal lainnya. Dan kalimat pendek itu juga yang menjadi awal perjuangan saya menjemput anak.

Parlodel, obat yang namanya terdengar lucu tapi efeknya luar biasa. Saya merasa tubuh saya sedang sakit flu parah, belum ditambah dengan segala mual, pusing, tidak bisa tidur nyenyak, kehilangan nafsu makan dan lemas sepanjang hari. 10 hari dan akhirnya saya bisa lega karena akhirnya saya mengalami menstruasi.

Ternyata siklus saya setelah itu masih belum juga normal, saya masih mengalami menstruasi 20 hari tanpa henti dan selang 5 hari kembali menstruasi 30 hari. Ini jelas ada yang tidak normal dengan tubuh saya, hal ini juga yang membawa saya untuk  mengunjungi dr. Widyastuti di Kimia Farma Dago Bandung karena banyak review bilang kalau yang program hamil ke dokter Wid ini berhasil. “Hormon kamu ga normal, saya lihat sih tidak ada masalah dengan rahimnya, telur-telurnya juga ada tapi masih kecil-kecil” ah, dokter ini luar biasa sabar ketika menjelaskan apa yang terjadi dengan tubuh saya.

Cripsa, obat berikutnya untuk menurunkan hormon prolaktin saya. Setiap hari sejak dua bulan lalu saya kembali berjuang mengalami efek samping obat, pusing, mual, lemas, dan segala perasaan tidak nyaman selalu datang sepanjang hari. Seringkali saya merasa bersalah karena terus menerus mengkonsumsi obat lalu kemudian saya tepis dengan pikiran “dengan ini saya akan normal”. Nilai tambah dari obat ini adalah jerawat, kulit saya normal dan hampir tidak pernah berjerawat tapi karena obat ini sukses banyak sekali bintik-bintik jerawat yang muncul. Kembali saya berpikir “ini demi kamu, Nak”

This is what I do for you, my future baby..
Please, come and make me, your Papa, Ummi, Abah, Nini, Kukuh, Uwa, Om Ami and Mang Irham happy
We’re waiting for you ..

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

22 thoughts on “[Health] #Mengatasi hormon prolaktin tinggi”

  1. Mba nina, setelah minum crypsa berapa lama trus hamil? Boleh minta email nya, buat tanya2. Hormon prolaktinku jg agak tinggi. Terima kasih

  2. Salam kenal mb nina, mbak aku minum cripsa baru 2 hari rasanya udah nggak enak bgt. Bangun2 mulut kering, hidung mampet, trus perasaan hati nggak enak, berasa galau terus. Apa efek samping ini terjadi di hari2 awal saja ato sampe kapanpjn setiap minum efeknya seperti itu?

    1. salam kenal juga..klo aku sih tiap minum obat itu mbak. emang ga enak banget efeknya. tapi daya tahan tubuh orang kan beda2 ya mbak, mudah2an ga lama efek begitunya. Sabar ya mbak dan semoga terapinya berhasil🙂

  3. hai mba nina salam kenal…lg nyari2 efek obat cripsa tau na ada d blog nya mba..emg k enak bgt efek nya pusing lemes smpe punggung aq jg sakit…emg gitu x ya mba efek nya ? gk nyaman bgt.

    1. Hai mbak Sri, iya mbak aku juga ngerasa gitu efeknya pusing lemes badan ngilu. Emang gitu kira-kira efeknya. Klo aku dulu minumnya suka malem biar bisa istirahat abis minum obatnya. Yang kuat ya mbak, semoga ga lama harus minum cripsa nya dan terapinya berhasil

  4. Dear Mba Nina,

    salam kenal.🙂
    aku jumat lalu cek hormone dan hasilnya normal untuk FSH & LH ku akan tetapi untuk Prolaktin saya tinggi sekitar 2.7. Jadi saya dikasih obat cripsa. baru 3 hari sudah luar biasa pusing, mual dan pegel2nya. Yang gk kuat selama minum obat ini adalah mual dan muntahnya mba.
    saya diminta minum selama sebulan. semoga bias mens lancar dan seperti mba nina bisa langsung hamil. amiiin yra.

    Salam,
    chaca

    1. Hai Mbak Chacha..Kuat kuat kuat..insyaallah usaha udah tinggal doanya biar dikasih anak di waktu yg paling tepat.
      Oh iya, ditambahin pola makan sehat mbak, coba food combining. Soalnya itu bantu menormalkan hormon.

      Semangat ya…

    2. Hai Mbak Chacha..
      Salam kenal juga, memang sih ya efeknya ga enak. Tapi gpp mbak kita usaha, minta juga diberi anak pada waktu yang terbaik menurut Allah🙂
      Semoga dikuatkan ya Mbak, jangan lupa diimbangi juga dengan pola makan sehat dan olahraga

  5. Dear Mbk Nina,😊

    Salam kenal,
    Mulai 3 hari yang lalu saya juga mulai konsumsi cripsa atas resep dokter, dan memang wow banget efeknya, awal kali badan sakit semua, hidung tersumbat,pusing ditambah badan demam. dan sampai hari ke 3 ini efeknya masih sama, dan memang saya minum obat ini sore supaya efeknya ngak terlalu berass, jadi hbis sholat isya langsung tidur, meski tidurpun bawaanya gelisah.. oya mbk nina sy ngk pernah tes kadar prolaktin tpi dokter langsung kasih resep, sel telur saya ada tapi kecil kecil 😢😢 pas di usg trans v sel telur cuma 0,65cm, yg harusnya kata dokter dihari ke 10 hbis haid sudah mencapai 1cm lebih. Doakan sy ya mbk semoga ikhtiar ini berhasil, selain cripsa sama juga diresepin metformin. Berat badan 58 tinggi 150,, terimaskasih atas blognya mbk sangat membantu

    1. Salam kenal Mbak Sulis,
      Cripsa ini wah banget efeknya karena kerjanya di otak. Iya sih kalau malem memang bikin tidur gelisah tapi setidaknya tidak terlalu menganggu aktifitas apalagi klo kerja juga. Kok bisa mbak ga pernah tes dikasih cripsa juga, klo aku dulu pas sel telur kecil dikasihnya malah forbetes sama juga dengan metformin karena mungkin penyebabnya karena kegemukan. Tapi mungkin karena dokter punya pertimbangan lain ya Mbak
      Semoga dikuatkan menjalani promilnya ya Mbak, jangan lupa diimbangi pola makan sehat dan olahraga juga. Kalau saya dulu suamipun ikut gaya hidup sehat, berhenti merokok dan jaga makanan juga.
      Semangat!

  6. Salam kenal mba nina..
    Lagi cari efek obat cripsa dan kecantol sama tulisan mbak🙂
    Saya 3 hari yg lalu kedokter kandungan karna saya sudah ga menstruasi selama 4bln. Padahal saya masih lajang. Dan memang mens saya ga lancar sih..kadang 3bln terus mens.
    Singkatnya, saya dikasih resep cripsa dan nerolut. Awalnya saya minum, memang tidur saya gelisah dan seringkali kebangun tanpa sebab. Terus rasa mualnya itu loh yg ga nahan. Saya kira saya ga cocok minum cripsa, tapi ternyata pas searching memang begitulah efeknya.
    Mengingat masih betapa lamanya saya harus minum obat itu, ga kebayang saya harus menahan rasa mual yg ga terkira.

    1. Hai Mbak Binar, efek cripsa ini memang ga enak kan ya..
      Saya juga dari awal menstruasi juga ga pernah teratur Mbak, bisa 2 bulan sekali bisa dua kali sebulan🙂
      Eh dicoba mbak, dengan mengatur asupan makanan. Saya dulu dibantu dengan memperbaiki pola makan jadi lebih cepet normal hormonnya.

      1. Hi mbak..aku minum crypsa uda lbh dr 6bln skrg msh minum dgn dosis stengah krn hyperprolaktin tinggi mencapai 106 hingga timbul kista kecil di kelenjar hypofise,tiap hr kliyengan mlu entah efek samping obt entah dr kista itu sendiri..saya nikah 31okt kmrn,,tp blm hamil jg..mkn mesti sabar krn gangguan hormon ini..skrg sisa 2obat yg saya minum stengah dosis crypsa 1xsehari dan suplemen asthin force…klo mens selama ini alhamdulillah baik,hanya pas awal2 minum crypsa mens jd lbh sering…dokter hny menyarankan sy hrs gerak,jd tiap hr olahraga,krn kliyengan ini sy jd tdk bekerja lagi..itu kisah saya

      2. Hai camelia, mungkin efek cripsa juga ya itu kliyengannya🙂
        iya, sabar emang jawaban buat yang nunggu kehamilan kayaknya selama kita tetap berusaha ya.
        Olahraga sama makan sehat juga perlu buat nyeimbangin hormon, aku juga dulu dibilangin gitu sama dokterku
        Sehat-sehat yaaaa..

  7. Salam mbk nina…

    Q selfi 28th..
    Pengantin muda…sblm nikah aku am dr kandungan disaranin minum obat cripsa krna air susu kluar bnyak..setelah minum hampir 1bulan. q telat haid 6hari..setelah q check pakai testpack…q negatif…apa emang gini ya efek obat cripsa???

    Terima kasih

  8. Halo mba nina,, saya jg lg terapi cripsa.. Btw saya jg mau menjemput buah hati saya yg kedua,, dr anak pertama memang ga semulus kebanyakan org untuk hamil, harus ada usaha, doa, perjuangan sampe air mata (eh jd curcol) hehehe. Maap mba aku mau tanya donk untuk obat ini mba nina mulai mens stelah brpa lama konsum crispa ini? Dan setelah mens harus ke dokter lg dan lanjut minum crispa ini lg apa ga ya? Mksh mba☺️

    1. hai mbak Sasha. Kalo aku sih diterusin sampe hasil tes hormon bilang udah normal tapi dibicarain aja lagi ya sama dokternya. Sabar dan ssemoga yang diinginkan segera dikabulkan ya🙂

  9. sabar ya bunda ak jg punya nasalah yang sama haid stop selama 3bln…segala obat dr primolut sampe cyclogynova …byk dokter kandungan ga ada solusi nya mnm primolut haid sampe ketemu dr aris hasil tes prolaktin saya tinggi mnm crispa masyallah semua efej samping dah sy rasakan seminggu ini ….terus berjuang demi buah hati dan niat sehat sama2 mendoakan ya bunda

    1. Semoga dikuatkan dan buah hatinya segera hadir ya Mbak🙂

      Saya alhamdulillah sudah punya anak umur 3 tahun dan sekarang sedang berusaha menjemput anak kedua

  10. Hai mbak nina,
    Terima kasiha ts artikelnya ini yg mmbuat sya mnjadi semangat utk menjemput sang buah hati. Sy sdh jalan 3 bln konsum cripsa. Bln prtama stngah dosis utk sehari. Kmudian konsul lg ke dokter bln brikutnya dosis mnjadi 1 tablet 1 hari. Mmg efekny luar biasa tapi sy ttp tegar dan menikmati efek yg tdk enak itu smua🙂 cuma yg mnjdi prtanyaan sya di awal sblm program dan konsum cripsa ini mens sya tratur 27. Tapi stelah akhir2 ini mens sya 21. Bahkan skrg blm slesai mens smpai 17 hri. Tdk bnyak tpi trus ada fleg2 nya. Apakah sama ya dgn mbak rasakan dlu? Trims ya mbak ats jawabannya🙂

    1. Hai Mbak Hariyati,

      Pengalaman saya nih soal flek-flek ini adanya ketidakseimbangan hormon. Sebaiknya mbak cek lagi ke dokter karena flek ini bisa banyak penyebabnya atau mbak coba test pack deh. Soalnya flek juga bisa jadi tanda kehamilan lho.
      Tapi memang sangat dianjurkan ke dokter aja biar tau lebih jelas masalahnya apa.

      Semoga berhasil ya Mbak, program kehamilannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s