Masuk Angin dan Kerokan

Akhir-akhir ini si “masuk angin” sering banget nyambangin badan. Entah kenapa juga sering banget masuk angin, dan yang paling parah ya hari sabtu malam kemarin. Rasanya tiba-tiba ulu hati sakit, dan saya pikir gangguan lambung biasa jadi minum lansoprazole bisa langsung sembuh tapi ternyata rasa sakitnya makin lama makin bertambah dan puncaknya adalah menangis didepan suami sekitar jam 1 dini hari karena sakit yang luar biasa. Rasa sakitnya itu, rasanya ingin buang angin tapi ngga bisa dan akhirnya malah membuat perut sakit seperti kram. Sakit yang tidak bisa diredakan oleh minum air hangat, obat lambung, kompres panas di perut,  minyak kayu putih yang banyak, dan posisi menekukkan kaki.

Setelah menangis, dibujuk supaya mau tidur terlentang, berakhir dengan tidur membelakangi suami sambil punggung diusap-usap akhirnya saya bisa tidur sampai subuh. Pagi itu, saya mencoba bertanya ke teman yang kebetulan dokter. Saya ceritakan semua symptomsnya, dan dia menyebutkan satu penyakit apa gitu… (bahasa nya ketinggian) lalu menyuruh untuk meminum obat untuk mengurangi gas di lambung. Berlanjut dengan siangnya menerima telepon mamah, setelah mamah berkali-kali mamah ga ngangkat teleponnya pagi itu. Mulailah adegan termehek-mehek ngadu kesakitan ini itu ke mamah, dan mengingat dulu mamah pernah merasakan hal ini juga sampai nangis juga. Mamah dengan canggihnya mengeluarkan rumus KEROKAN (Indonesia sekali) dan buskopan (katanya obat penahan sakit). Jadilah malam itu saya melaksanakan rumus dari mamah, kerokan sama suami tanpa buskopan tanpa ramiditin dan propepsa (makasih ya dr. Hilman Wildan Latief atas sarannya, tapi ternyata obatnya mahal ga jadi deh belinya..hihihi).

Dan bagaimana hasilnya?

Ajaib, setelah kerokan dan sedikit pijat-pijat oleh suami rasa sakitnya berkurang dan saya bisa buang angin. Oh mamah memang mamah ajaib sedunia. Ga perlu dateng jauh-jauh dari rumah untuk ke kontrakan anakmu saja, mamah tetep bisa nyembuhin anaknya yang sakit. **kiss-kiss**

Jadi ya, ternyata obatnya masuk angin itu ya memang kerokan. Meski kata dunia kedokteran masuk angin itu ga ada, atau kerokan itu memang bukan terapi yang benar karena bisa merusak pori-pori kulit, tapi tetap saja masuk angin itu ya obatnya memang kerokan. Terus kalau selama ini ngira gejala masuk angin cuma perut kembung, mual, bawaannya pengen buang angin tapi susah ternyata salah. Kalau sudah parah ternyata bisa bikin perut sakit luar biasa kayak lagi kram perut.

 

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s