Nikah?

Tiba-tiba tadi malam muncul pertanyaan singkat dari Kakang “kenapa neng ga pernah ngomongin nikah sekarang mah?” . Pertanyaan yang membuat saya tersenyum simpul. Sebenarnya bukan saya tidak ingin membicarakan mengenai pernikahan, tetapi saat ini saya tahu dengan pasti ada skala prioritas yang harus dipikirkan selain menikah. Saya tidak suka didesak untuk melakukan sesuatu seperti itu juga saya tidak akan mendesak seseorang.

Dulu, saya mengatakan kepada teman-teman saya “nunggu apa lagi kalian? lulus kuliah udah, kerja udah, mau nunggu kaya? kapan kayanya kalo kerja cuma gini-gini aja?” dan sekarang seringkali saya mengatakan salut pada orang yang sudah bisa mengatakan dan mengambil keputusan bahwa “dia” adalah pasangan hidupnya untuk selamanya. Sering ada rasa iri, tapi selebihnya hanya kagum saja.

Ketika Kakang mengatakan kekhawatirannya tentang bagaimana meyakinkan orang tua saya, saya juga berpikir hal yang sama. Bagaimana ketika nanti saya dikenalkan sebagai perempuan yang akan menemani hidup anak bungsunya? Akan seperti apa tanggapannya? Apakah saya diterima dengan baik? dan segala pertanyaan lain yang muncul di benak saya. Tapi kembali lagi saya akan mengatakan, mari kita simpan segala kekhawatiran kita dan pikirkan saja target hidup kita masing-masing karena akan ada saatnya untuk memikirkan itu.

Menikah adalah ibadah, saya tahu itu. Tapi menikah berarti merencanakan kehidupan, menggenapkan yang ganjil dan saling berbagi. Berbagi makanan saja terkadnag saya masih sering tidak mau, apalagi berbagi segala hal. Anggap saja saya memang belum dewasa dalam hal ini, tapi memang begitu adanya. Pada akhirnya menurut saya, menikah itu kesiapan berkomitmen.

Jadi pembicaraan tadi malam hanya obrolan seperti sedang di kedai kopi kan?

 

*Tiba-tiba saya ingin membuat segelas capuccino hangat”

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

