Seperti Proses Kehamilan

Berawal hanya dari telur yang jika tidak dibuahi tidak akan pernah jadi apa-apa. Seperti itu lah komunikasi yang aku lakukan. Berbagai jawaban pendek, ungkapan sinis, dan kadang penolakan. Hingga akhirnya satu kesempatan berhasil membuat telur ini dibuahi.

Pada saat akhirnya pembuahan terjadi, kita sama-sama membawa bekal genetik yang memang sudah ada di dalam diri masing-masing. Kerumitan dari 23 pasang kromosom yang memang kompleks, dan interpretasinya dalam diri kita memang sudah ditambah pengaruh dari banyak hal yang sudah kita alami.

Setelah pembuahan terjadi, telur mulai membelah diri semakin banyak dan semakin sangat banyak sambil terus bejalan menuju rahim. Sebuah tempat untuk terus berkembang dan semakin besar sampai proses kelahiran. Karena pembelahan diri yang banyak akhirnya blastocyst semakin kuat tertanam di endometrium. Seperti sebuah bangunan dengan pondasi yang dibangun dengan cepat dan semakin kuat.

Telur yang telah membelah sampai ratusan membentuk blastosit dalam rahim, dimana itu berarti telur ini semakin memiliki dimensi yang jelas. Meski masih kecil tapi sudah berbentuk.

Saat telur ini sudah disebut embrio, dimana akhirnya akan pernyataan POSITIF yang biasanya menggembirakan tapi kadang juga membuat ragu, bersedih bahkan marah. Embrio akan mengeluarkan hormon Chorionic Gonadotropin – HCG, mirip seperti kita yang semakin lama semakin mengeluarkan gambaran dari perasaan masing-masing.Dimana sudah mulai terbentuk jantung, otak dan tulang belakang dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung). Menyebabkan terbangunnya sebuah hubungan irasional antara ibu dan anaknya. Seperti hubungan antara hati kita yang terkadang tidak masuk akal.

Semakin banyak organ terbentuk Ectoderm adalah lapisan yang paling atas yang akan membentuk system saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Lapisan Endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing. Begitu juga dengan kita, setiap bagian dalam hidup kita mulai muncul satu persatu, menampakan sesuatu yang sebelumnya tersembunyi dengan rapi. Tapi memang prosesnya begitu, agar satu sama lain semakin terbiasa dan mengerti

Ukuran yang semakin jelas, jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak. Detak-detak yang semakin lama semakin kuat, membuat kita saling memahami satu sama lain.

Akhir minggu ketujuh, ukurannya kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru. Membuat kita semakin memilah dan memilih, dengan sosok yang semakin jelas.

Baru sampai seperti itulah kita tumbuh, berada dalam sebuah rahim berkembang terus menerus untuk siap dilahirkan.

Author: Nina Lestari

Daughter, Sister, Lover, Worker, Fighter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s